Orang-orang Yang Berguguran?

========================
By : Komiruddin Imron

Dakwah mengajak ke jalan Allah sifatnya universal. Pekerjaan ini adalah tugas semua orang. Ia tidak boleh dimonopoli dan diklaim hanya milik sekelompok orang atau golongan tertentu dengan menafikan kelompok lain yang berbeda pandangan dan latar belakang organisasinya.

Kita bebas berdakwah melalui sarana organisasi apapun namanya. Bahkan berdakwa tanpa organisasipun sah-sah saja, walau melalui sarana organisasi lebih afdhal. Karena pengaruhnya akan kuat dan daya kerjanya akan lebih maksimal.

Ketika seorang keluar dari suatu organisasi dan bergabung di organisasi lainnya yang misinya adalah dakwah dia tetaplah berdakwah.

Memvonis mereka dengan label “orang-orang berjatuhan dalam dakwah” menunjukan kedangkalan ilmu yang dibalut kesombongan dalam memahami arti dan tujuan dakwah.

Sekaligus mengisyaratkan bahwa organisasi yang ia geluti adalah organisasi yang paling benar dan lengkap, sementara yang lain tidak demikian.

Padahal semua organisasi dakwah tidak ada yang sempurna, ada kelebihan dan ada juga kekurangannya.

Mengklaim bahwa ia adalah satu-satunya organisasi yang benar dan pemimpinnya tidak pernah salah lalu tunduk patuh tanpa syarat adalah kesesatan.

Sebab sebaik apapun organisasi, tetap saja ia organisasi manusia yang memiliki hawa nafsu, kecenderungan dan interest pribadi di samping akal, bisa salah dan bisa juga benar dalam ijtihadnya.

Itulah fungsi akal disamping agama. Tugasnya berfikir, menganalisa dan mengembangkan wawasan. Perintahnya adalah mengikut berdasarkan ilmu, bukan taqlid buta. Sebab di akhirat pertanggungan jawaban akan dipikul masing-masing individu.

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.

-Surat Al-Isra’, Ayat 36.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *